Tips Menjaga Energi

Sabtu, 22 September 2012


E-N-E-R-G-I , Energi sangatlah penting bagi kita untuk mebuat kita tetap semangat menjalani hari-hari J Mulai bangun tidur, sekolah / bekerja, bermain, melakukan hal-hal yang kita sukai (hobi) dan masih banyak lagi. Apalagi untuk anak-anak dalam masa pertumbuhan, remaja/ABG (contohnya saya hehe..) sangat perlu menjaga agar energi dalam tubuh kita tetap maksimal menjalani hidup ini dengan baik :D
Tips untuk menjaga energi tubuh :
       SARAPAN
Sarapan  - breakfast – makan pagi sangatlah penting. Kenapa? Ya kalau nggak sarapan ntar baru 1 jam di sekolah udah kelaperan… kan jadi repot tuh, masih nunggu jam istirahat.
Nah, kalau kita nggak sarapan, waktu istirahat / makan siang kita bisa bener-bener rakus. Makan apa aja yang enak-kenyang dan BANYAK. Pertanyaannya adalah “Apakah makanan yang kita makan untuk mengusir rasa lapar itu sehat atau tidak?” Ya kan? Ya masih untung kalau sehat. Kalau itu nggak sehat? Kebanyakan lemak? Nggak higienis? Terlalu banyak makan pedas dan lain-lain…? Kesehatan kita lah yang akan terganggu untuk selanjutnya… Jadi, usahakan bangun pagi, mandi, sempatkan untuk sarapan.

     KURANGI KAFEIN
Kopi? Nunggu temen enaknya ngopi dulu, pergi ke mall nogkrong minum kopi aja, makan di warung enaknya minum kopi juga… ckckckc… Kalau di sekitar lingkunganku, kebanyakan peminum kopi adalah pria dewasa alias o mom / bapak-bapak. Tapi di luar sana apalagi di kota metropolitan, di luar negeri kebiasaan minum kopi digemari laki-laki maupun perempuan.
Padahal meminum kafein terlalu banyal bisa menguras energi loh. Bisa menyebakan dehidrasi juga. Memang, saat lembur atau ngantuk kita sering minum kopi biar nggak ngantuk, tapi hati-hati jangan sampai KEACANDUAN. Ganti dengan alternative lain, misalkan teh hangat, susu coklat. Pokoknya kita variasikan minuman agar nggak kecanduan kafein.

     AIR PUTIH
Air putih membantu tubuh kita untuk mengeluarkan racun. Racun atau zat-zat yang tidak baik bisa keluar bersama urine. Selain itu air putih bisa menghilangkan dehidrasi. Jadi, banyak-banyaklah minum air putih. Air putih itu SEHAT. Tapi ingat, kita juga harus melihat kebersihan air tersebut.



            OLAHRAGA
Olahraga tidak harus sit up, push up, angkat beban, lari jarak jauh dll. Untuk orang-orang yang sibuk kerja, atau anak-anak yang masih sekolah, semuanya punya kegiatan sendiri, punya kesibukan masing-masing. Jadi, belum tentu memiliki waktu untuk olahraga atau sudah cukup lelah untuk olahraga.
Namun olahraga tetaplah penting. Kita bisa mencoba jogging 20-30 menit atau bahkan cukup dengan berjalan tiap pagi/sore (di saat ada waktu luang). Dengan olahraga ringan namun stabil dan rutin, itu sudah lebih dari cukup.



    SAYUR dan BUAH
Kebiasaan orang barat makan salad (sayuran, buah, yogurt) bisa kita contoh. Di samping minum air putih, makan teratur, kita juga perlu memperhatikan makanan yang kita makan. Sayur dan buah kaya akan vitamin. Dalam sehari usahakan makan sayuran atau buah-buahan. Selain memenuhi kebutuhan vitamin, tubuh kita juga perlu variasi makanan. Jangan hanya makan nasi, daging, atau ikan melulu. Harus diimbangi dengan sayur atau buah.


2 komentar:

  1. Ryan mengatakan...:

    Tips yang bagus..

    Kunjungi juga yah--> http://blognyadeyan.blogspot.com

  1. Shindinia mengatakan...:

    Iyaa.. sudah tak visit blog mu..
    maksih ya ..

Posting Komentar